Penanganan yang Tepat Pada Laptop yang Terkena Air

Penanganan yang Tepat Pada Laptop yang Terkena Air
Apa jadinya jika laptop terkena air? Terkadang secara tak sengaja kita menumpahkan minuman ke laptop, apalagi ketika musim hujan dan genteng rumah bocor, air dari genteng bisa jatuh ke laptop seperti yang saya alami. Semua perangkat elektronik kebanyakan akan rusak jika terkena air termasuk laptop. Meskipun sudah banyak muncul produk elektronik yang tahan air, akan tetapi untuk laptop sendiri masih sedikit yang dibekali kemampuan tahan air.

Kalau laptop terkena air, komponen apa saja yang rusak ?. Tentu saja banyak komponen yang akan rusak jika terkena air. salah satu komponen yang akan rusak yaitu Keyboard, keyboard sendiri tersusun atas punchcard, kerangka penyangga, papan tombol, yang dibuat dari jalur bus dan karet. jika sampai keyboard ini terkena air akibatnya mungkin tombol keyboard akan terpencet sendiri, hal ini disebabkan punchcard yang menempel pada jalur bus karena genangang air yang masuk. 

Kerusakan kerusakan lain yang kerap terjadi antara lain konslet atau arus pendek, arus pendek disebabkan ketika komponen elektronik pada laptop diberikan aliran listrik ketika masih dalam keadaan basah. biasanya orang-orang akan panik ketika laptop mereka terkena air sehingga langsung mengecek laptop dengan menyalakannya, Padahal tindakan ini sangat tidak dianjurkan dan merupakan faktor utama dari konsleting tersebut.

Jika cairan yang mengenai laptop mengandung asam misalkan minuman bersoda, cairan tersebut dapat menyebabkan korosi pada komponen laptop.
Akibat paling fatal jika laptop terkena air adalah laptop bisa mati total dan tak bisa dinyalakan

Oleh karena itu jika laptop kalian terkena air, jangan sampai melakukan hal-hal bodoh yang dapat memperparah kerusakan. lakukan penanganan yang tepat agar kerusakan dapat dicegah. Berikut penanganan yang tepat ketika laptop terkena air.

1. Jika laptop terkena air dalam keadaan menyala, segera matikan laptop anda, kemudian cabut semua kabel yang tersambung pada laptop, seperti baterai, kabel charger, mouse, keyboard, flashdisk dll. Jika laptop dalam keadaan mati, jangan langsung menyalakan laptop yang terkena air tadi, karena bisa menyebabkan arus pendek atau konslet pada laptop tersebut. Intinya jika laptop terkena air diamkan dalam keadaan mati dan tunggu hingga air mengering.

2. Jungkir balikkan laptop agar air yang masuk kedalam akan keluar. Anda juga bisa menimbun laptop kedalam beras yang kering, menimbun laptop ke beras yang kering dapat membantu proses penyerapan kelembapan. gunakan kipas angin atau hairdryer untuk mempercepat proses pengeringan.

3. Jika anda berani, Bongkar komponen laptop anda, mulai dari keyboard, mainboard, hdd, ram, processor. Lalu bersihkan semua komponen tersebut menggunakan kuas atau cotton but, kemudian jemur didalam ruangan
Jangan lupa juga keringkan bagian lcd, dengan membongkar lcd panel dari frame laptop, terkadang lcd akan menunjukkan flek putih jika terkena air.
Setelah komponen-komponen tadi dibersihkan setidaknya anda harus menjemur atau mendiamkan komponen laptop tersebut minimal 10 jam agar tak menyisakan air sedikitpun.

4. Jika komponen-komponen tersebut sudah kering, Lebih baik jika anda mengelap komponen-komponen tadi dengan kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan cairan khusus pembersih papan sirkuit elektronik atau menggunakan air murni (hasil penyulingan). Hal ini dilakukan untuk membersihkan noda dari air kering yang tersisa tanpa merusaknya, agar kondisinya semakin kinclong.

4. Jika telah 10 jam lebih, anda bisa kembali merakit komponen-komponen tadi menjadi seperti semula. Pasang baterai, colokkan adapter dan charger, Lalu coba anda nyalakan laptop tersebut, jika laptop tidak mau menyala, segera bawa ke tempat service untuk memperbaiki kerusakan laptop.


Itulah beberapa Penanganan yang tepat pada laptop yang terkena air. Agar kejadian seperti kena air diatas tidak terjadi. Semua barang elektronik seharusnya diberi perhatian berlebih dan juga selalu memperlakukannya dengan hati-hati.

Jangan menempatkan Laptop dibawah genteng yang bocor, dan juga jangan meletakkan minuman dekat dengan Laptop, karena minuman tersebut memiliki potensi untuk disenggol dan terjatuh ke laptop

Kesimpulannya selalu usahakan agar tak terjadi kesalahan yang menyebabkan rusaknya laptop, karena laptop adalah barang yang tidak murah dan untuk servisnya pun juga akan memakan biaya yang cukup mahal. dan lakukan penanganan yang tepat apabila laptop terlanjur terkena air seperti kejadian diatas.

Terimakasih, semoga bermanfaat.. 


EmoticonEmoticon